Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TEKNOLOGI DAN PEMBELAJARAN DI MASA DEPAN

Teknologi dan Pembelajaran Masa Depan

Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Hampir dalam semua kegiatan, manusia memanfaatakan teknologi, baik teknologi yang sederhana maupun teknoloig yang canggih. Penciptaan teknologi, sesuai dengan esensinya, dilakukan untuk memudahkan kegiatan hidup manusia. Teknologi khususnya teknologi informasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap cara manusia dalam melakukan proses belajar untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Teknologi informasi dapat berperan sebagai media pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan agar dapat menyampaikan informasi dan pengetahuan yang diperlukan oleh khalayak atau audience. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang dampak pemanfaatan teknologi khususnya teknologi informasi terhadap aktivitas belajaran dan pembelajaran. 


GELOMBANG PERADABAN MANUSIA

Alvin Toffler, seorang ilmuan dan futuris terkemuka, mengemukaan tiga gelombang penting perkembangan peradaban manusia dalam buku The Third Waves, yaitu: (1) gelombang pertama: teknologi pertanian; gelombang kedua; teknologi industri; dan (3) gelombang ketiga; teknologi elektronik.

Setiap tahap perkembangan atau gelombang peradaban memiliki karakteristik penting yang menandai berlangsungnya era tersebut. Pada setiap era peradaban tergambar pola perilaku manusia yang menonjol dan penggunaan teknologi untuk melakukan kegiatan.

Gelombang pertama ditandai dengan berkembangnya teknologi pertanian. Era ini berlangsung pada masyarakat pertanian atau agraris sesudah masa revolusi neolitik. Contoh teknologi yang digunakan pada era ini adalah peralatan-peralatan pertanian mulai dari yang sederhana sampai kepada yang canggih, misalnya, alat  untuk membajak sawah dan traktor.

Gelombang kedua dimulai bersamaan masa revolusi industri di Eropa. Pada masa ini, penggunaan peralatan dan teknologi pada sektor industri sangat dominan. Era ini juga ditandai dengan penerapan konsep tentang efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas produksi. Semua kegiatan pada era ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang optimal atau efektif dengan menggunakan sumber daya yang relatif minimal atau efisien.

Gelombang ketiga, merupakan era berkembangnya teknologi elektronik pada masyarakat. Era ini berlangsung pada masyarakat informasi yang ditandai dengan frekuensi pertukaran informasi yang tinggi dan berlangsung sangat cepat. Masyarakat pada tahap ini menganggap informasi sebagai kekuatan atau power yang menentukan banyak aspek dalam kehidupan manusia. 

Pada era ini, masyarakat berpandangan siapa yang menguasai informasi, maka dialah yang akan menjadi pemenang dalam persaingan. Pada gelombang ketiga atau third waves, teknologi elektronik, seperti perangkat komputer dan digital telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Industri elektronik yang dianggap sebagai sarana masa depan atau tools of tomorrow telah menjadi tulang punggung industri pada gelombang ketiga ini. Perkembangan industri elektronik dan komputer telah memberi pengaruh yang besar terhadap sektor ekonomi, sosial, dan politik (Miarso, 2003).

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Hampir dalam semua kegiatan, manusia memanfaatkan teknologi, baik yang sederhana maupun yang canggih. Teknologi dalam hal ini didefinisikan sebagai:

".....is the collection of techniques, skills, methods and processes used in the production of goods or services or in the accomplishment of objectives, such as scientific investigation. Technology can be the knowledge of techniques, processes, and the like, or it can be embedded in machines which can be operated without detailed knowledge of their workings.

Penciptaan teknologi, sesuai dengan esensinya, dilakukan untuk memudahkan dan membantu kegiatan hidup manusia. Walaupun mampu memberikan kontribusi yang positif, dampak dari penciptaan sebuah teknologi sering pula memberi warna negatif terhadap kehidupan manusia.

Manusia harus memandang teknologi sebagai sesuatu yang bersifat netral yaitu sarana yang dapat membantu dalam melaksanakan tugas dan aktivitas pekerjaan. Demikian pula halnya dengan komputer yang merupakan perangkat teknologi yang berkembang pesat, terbukti telah banyak membantu dalam meningkatkan kinerja manusia dalam banyak bidang. Perkembangan teknologi komputer telah memicu pesatnya penggunaan teknologi informasi di masyarakat. 

Perkembangan teknologi informasi yang berlangsung sangat pesat dalam dua dekade belakangan ini telah memengharuhi berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali aktivitas belajar dan pembelajaran manusia. Perkembangan teknologi dalam bentuk digital telah membuat bentuk perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software komputer menjadi lebih kecil secara fisik dan bersifat portabel. Walaupun berbentuk portabel, perangkat tersebut mampu menyimpan informasi dalam kapasitas yang besar.

Kondisi diatas telah mengubah pola belajar dan pembelajaran yang dilakukan oleh manusia ke arah yang lebih luwes atau flexible. Individu dapat memanfaatkan media teknologi dan melakukan proses belajar tanpa terikat oleh faktor ruang dan waktu. Perkembangan teknologi informasi juga telah menghasilkan ragam dan variasi jumlah media yang berisi aneka informasi dan pengetahuan yang dapat dipelajari. Siswa dan guru dapat memilih ragam media dan juga informasi dan pengetahuan yang dapat dipelajari sesuai dengan keperluan.

Sejak kemunculannya yang marak pada era 1980-an, komputer personal atau PC telah banyak menjadi sarana kerja yang banyak digunakan oleh masyarakat. Penggunaan komputer, yang pada awalnya hanya berperan sebagai alat komputasi, kini telah berkembang menjadi sarana yang bersifat serba guna atau multipurpose. 

Sebagai sebuah teknologi, perangkat komputer telah membantu manusia dalam melakukan sejumlah aktivitas kehidupan, seperti: (1) pengolahan kata; (2) pemrosesan data; (3) desain dan pengembangan; (4) sarana komunikasi; dan (5) sarana hiburan.

Komputer personal saat ini tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana untuk melakukan tugas pengolahan atau word processing, tetapi juga telah digunakan sebagai sarana untuk mengomunikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang perlu dipelajari. Perkembangan teknologi komputer yang pesat telah membuat perangkat komputer mampu menampilkan informasi dan pengetahuan dalam bentuk program multimedia. Multimedia dalam hal ini dapat dimaknai sebagai kemampuan yang dimiliki oleh perangkat komputer dalam menampilkan informasi dan pengetahuan melalui kombinasi unsur teks, gambar, suara, video, dan animasi.

Kenyataan diatas telah menjadikan komputer sebagai perangkat yang populer sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus sebagai sarana hiburan. Selain memiliki kemampuan multimedia, komputer yang ada saat ini juga dapat digunakan sebagai jaringan atau network untuk mencari dan memperoleh informasi dan pengetahuan secara global.

Jaringan komputer yang disebut dengan istilah internet dan web telah memberi kemungkinan bagi penggunanya untuk saling bertukar dan berbagi informasi dan pengetahuan yang dikenal dengan istilah knowledge sharing. Melalui jaringan komputer atau internet seseorang dapat memperoleh informasi dan pengetahuan dari mancanegara dalam waktu yang sangat cepat. Kondisi ini membuktikan bahwa kegiatan belajar saat ini dapat berlangsung tanpa terikat oleh faktor ruang dan waktu. Seseorang dapat melakukan proses belajar di mana saja dan kapan saja dari beragam sumber belajar yang tersedia secara online.

Perkembangan teknologi internet yang demikian pesat telah memberi kemungkinan bagi seseorang untuk melakukan kegiatan belajar secara online. Pembelajaran online dalam hal ini dapat diartikan sebagai bentuk belajar jarak jauh atau distance learning yang dilakukan dengan menggunakan sarana internet publik atau internet pribadi. Dalam kegiatan belajar ini, program pencari jaringan atau web browser digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi dan pengetahuan yang diperlukan.

Perangkat komputer, dengan sejumlah potensi yang dimiliki, dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sifat interaktif yang terdapat program komputer misalnya, dapat memberi kesempatan bagi penggunanya untuk berinteraksi secara intensif dengan pengetahuan dan informasi yang dipelajari. Penggunaan komputer dapat melatih penggunanya untuk pempelajari pengetahuan dan informasi secara mendalam dari beragam sumber. 

Belajar dengan menggunakan komputer dapat membuat seseorang menjadi terlatih dan terampil dalam melakukan proses encoding dan decoding. Kemampuan encoding adalah kemampuan dalam merancang  dan menyusun pesan dan informasi yang akan dikomunikasikan agar dapat dimengerti oleh orang yang membacanya. Adapun kemampuan decoding adalah aktifitas seseorang dalam menginterpretasikan pesan dan informasi yang dikirimkan oleh orang lain. 

Smaldino, dkk. (2003) mengemukakan pendapat tentang sifat interaktif komputer sebagai sebuah medium pembelajaran sebagai berikut: "... Komputer menyediakan respons vertual yang cepat terhadap input yang diberikan oleh siswa." (hlm. 110). Dengan kemampuan ini perangkat komputer dapat dijadikan pilihan sebagai medium pembelajaran interaktif.

REVOLUSI DIGITAL

Revolusi teknologi komputer yang demikian pesat telah membuat ukuran perangkat digital ini menjadi semakin kecil. Perangkat komputer yang ada pada masa lalu hanya dapat dioperasikan di suatu tempat sebagai work station, kini telah berubah menjadi perangkat yagn lebih ringkas dan mudah dibawa (portable). Dengan ukuran perangkat yang ringkas kita dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan komputer di mana saja dan kapan saja. Perangkat digital seperti laptop, personal digital assistance (PDA) adalah contoh nyata dari perkembangan teknologi komputer ke arah bentuk dan ukuran yang semakin ringkas.

Teknologi hot spot dan nirkabel atau wireless sangat membantu kita untuk dapat mengakses informasi dari tempat-tempat yang menyediakan fasilitas tersebut. Perangkat komputer portabel yang dilengkapi dengan fasilitas wifi telah memungkinkan penggunanya memperoleh informasi tanpa bergantung pada faktor ruang dan waktu. Dengan teknologi wifi pengguna komputer dapat berkomunikasi dua arah melalui jaraingan atau web.

Perkembangan teknologi digital pada perangkat komputer membuat kita dapat dengan mudah melakukan pemindahan (transfer) meringkas (conversion), dan menyimpan (storage) data dengan mudah. Teknologi digital telah mampu menciptakan perangkat penyimpanan data yang berukuran kecil dan ringkas. COba anda bayangkan, saat ini kita dapat mengirim berkas informasi dan pengetahuan melalui surat elektronik atau e-mail yang membuat informasi dan pengetahuan tersebut dapat diterima dalam waktu yang bersamaan oleh penerimanya. Pengiriman informasi dan pengetahuan dan penerimaan secara bersamaan informasi dan pengetahuan tersebut dikenal dengan istilah real time. 

Saat ini beragam bentuk perangkat yang digunakan untuk menyimpan data digital mudah diperoleh. Beberapa contoh perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan data digital, antara lain diskette, compact disk (CD), VCD, DVD, Flashdisk, Solid State Drive (SD), Secure digital (SD) card, dan MMC card. Peralatan penyimpanan data digital ini tersedia dalam beragam kapasitas mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Perkembangan teknologi digital perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk keperluan memaksimalkan proses belajar dan pembelajaran. Belajar pada hakikatnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh dan mengolah informasi dan pengetahuan agar dapat digunakan dalam suatu situasi baru. Teknologi digital, dalam hal ini, dapat membantu kita dalam memanfaatkan informasi dan pengetahuan untuk mendukung aktivitas belajar. 

KEMAJUAN TEKNOLOGI JARINGAN DAN DIGITAL

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi sampai saat ini telah mengubah gaya hidup dan cara masyarakat dalam memperoleh dan memanfaatkan informasi dan pengetahuan. Tidak hanya itu, kemajuan teknologi jaringan atau internet, yang berkembang beriringan dengan kemajuan teknologi digital, telah mampu memperluas cakrawala pengetahuan pengguna media dan teknologi. 

Dengan membuka situs web datau web site yang kita ketahui , kita dapat menjelajah informasi sampai ke mancanegara. Teknologi komunikasi dan informasi telah memanjakan kita dalam memperoleh informasi dan pengetahuan yang kita perlukan. Dapatkah anda bayangkan apa yang kita lakukan untuk mencarai dan memperoleh informasi lima belas tahun yang lalu? (sekarang 2021). pada masa lalu, sumber-sumber informasi yang tersedia hanya terbatas pada koran, radio, dan televisi.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi seperti yang terjadi saat ini telah mengubah paradigma belajar dan pembelajaran. Paradigma lama yang menganggap guru sebagai satu satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran tidak lagi berlaku saat ini. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah membuat guru tidak lagi harus berperan sebagai pengajar dan sumber informasi dan pengetahuan semata, tetapi juga menjadi pengelola dan pengembang program pembelajaran yang dapat membantu siswa atau learner mencapai kemampuan atau kompetensi yang diperlukan. 

Pengaruh kemajuan teknologi informasi yang berdampak terhadap aktivitas belajar dan program pembelajaran telah melahirkan bentuk-bentuk pembelajaran baru seperti online learning, blended learning, dan sistem pendidikan jarak jauh atau distance learning. 

KONKLUSI 

Dalam melaksanakan tugasnya, manusia sering kali tidak dapat dipisahkan dari penggunaan teknologi, baik teknologi yang sederhana maupun teknologi yang canggih. Salah satu bentuk teknologi yang dapat digunakan saat ini adalah teknologi komputer. Sepanjang sejarah perkembangannya, teknologi komputer telah banyak membantu tugas-tugas dan pekerjaan manusia. Termasuk di dalamnya tugas untuk mencari, menemukan, serta mendiseminasikan informasi dan pengetahuan.

Pengaruh kemajuan teknologi informasi telah memberi dampak signifikan terhadap aktivitas belajar dan program pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan lahirnya bentuk-bentuk pembelajaran baru seperti online learning, blended learning, dan sistem pendidikan jarak jauh atau distance learning.

Di masa depan teknologi komunikasi dan informasi akan berkembang semakin pesat. Teknologi dan informasi telah menjadi bagian integral dari kegiatan manusia dalam memanfaatkan informasi dan pengetahuan yang diperlukan untuk kegiatan belajar dan meningkatkan kemampuan atau kompetensi.




Post a Comment for "TEKNOLOGI DAN PEMBELAJARAN DI MASA DEPAN"